Live Talkshow “SPENLUSA Inspiration” Seri 4 – Alumni Plus Guru, Serta Segudang Prestasi

Jum’at (03/09/2021) acara Live Talkshow yang rutin diadakan oleh SPENLUSA ini kembali hadir dalam seri keempatnya. Yang pada kesempatan kali ini mengangkat tema “When I Was Student At SPENLUSA”. Menghadirkan Dra. Putri Hayuningtyas, M.Pd sebagai guru Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia SPENLUSA dan juga Niken Gratiana, S.Pd selaku guru IPS SPENLUSA sebagai narasumber. Kebetulan keduanya merupakan alumnus SPENLUSA dengan segudang prestasi yang membanggakan. Pada live talkshow kali ini May Yustiana, S.Pd mendapatkan kesempatan sebagai Host untuk memandu jalannya talkshow yang sangat menginspirasi ini.

Baca juga:

Achmad Kusaeni, ‘Putu Warok’ yang 100% SPENLUSA

Sesuai dengan jargon acaranya, live talkshow kali ini sangat-sangat menginspirasi dan memberikan motivasi bagi peserta didik, calon peserta didik, maupun alumni dari SPENLUSA. Bu Putri menjadi siswa di SPENLUSA mulai dari tahun 1976-1979 sedangkan Bu Niken tahun 1981-1984, mereka membagi kisah berkesan ketika masih bersekolah di SPENLUSA ini. Baik Bu Putri ataupun Bu Niken kompak menyatakan bahwa SPENLUSA merupakan sekolah yang kaya dengan prestasi gemilang dan para alumni yang sukses.

Bukan hanya prestasi tingkat provinsi saja tingkat nasional pun digaet, bahkan Menteri Sosial kita pun alumni dari SPENLUSA juga lho. “Termasuk Ibu Tri Rismaharini pun alumni dari SPENLUSA.” Ujar Bu May

Live talkshow “Spenlusa Inspiration” seri#4.

Bu Putri sendiri merupakan guru berprestasi dengan memenangkan lomba Guru Inovatif tingkat provinsi pada tahun 2014 dan pada tahun 2015 kembali meraih kategori sebagai pemenang di lomba Guru Inovatif namun setingkat diatasnya yakni di tingkat nasional.

“Ketika saya mengikuti lomba saya tidak pernah mengharapkan saya menang tapi saya selalu berusaha memberikan yang terbaik”, tutur Bu Putri. Selain itu beliau juga mengisahkan tentang perjalanannya di Australia karena berhasil mendapatkan prestasi di tingkat nasional. Hal yang sangat berkesan sewaktu di Australia menurut beliau yakni ketika mendapatkan pembelajaran University of Melbourne beliau bisa langsung menerapkannya di salah satu SMA yang ada disana.

“Benar-benar pengalaman berharga dan sangat menginspirasi”, ucap Bu Putri sembari mengenang kembali pengalamannya di Australia kala itu.

Baca juga:

Live Talkshow “SPENLUSA Inspiration” Seri 3, Alumni Berprestasi dan Nasionalisme

Sama halnya dengan Bu Putri, Bu Niken pun juga guru yang kaya akan pengalaman berharga dan membanggakan. Beliau pernah mengikuti pertukaran guru RSBI dan pelatihan guru SMP di Thailand dan Busan, Korea Selatan. Beliau di Thailand selama 2 minggu sedangkan di Busan, Korea Selatan selama 1 bulan.

“Wah benar-benar ‘kenyang’ 1 bulan”, goda Bu May. Selama mengikuti pertukaran dan pelatihan guru, Bu Niken mempelajari metode dan cara pendidikan disana yang bisa diterapkan di Indonesia. Bahkan termasuk sistem zonasi yang dirasa efektif untuk mengurangi keterlambatan peserta didik.

Don’t compare with others, don’t imitate others, and be yourself! (jangan membandingkan dengan orang lain, jangan meniru orang lain, dan jadilah dirimu sendiri)” itulah sepenggal kalimat penuh inspirasi yang Bu Niken lontarkan di penghujung acara untuk memotivasi para siswa khususnya di SPENLUSA.

Narasumber, Host, dan segenap kru yang bertugas. (Foto: Nazila)

Simak video selengkapnya:

Jurnalis : Ainun Farahat (Mahasiswa PLP UNESA) / @farhalilah
Editor dan Publisher: Humas SPENLUSA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*