MPLS Daring SMP Negeri 10 Surabaya: “Membangun Ikatan dan Kebersamaan Menghadapi Tantangan Masa Depan”

Senin, (13/07/2020) tepat pukul 08.00 WIB dimulailah pembukaan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) secarang daring melalui Google Meet dan Streaming Youtube. Dengan mengusung tema: “Membangun Ikatan dan Kebersamaan Menghadapi Tantangan Masa Depan”. 

Dengan diikuti 346 siswa reguler dan 32 siswa terbuka yang terbagi dalam 9 kelas reguler dan 1 kelas terbuka. MPLS ini akan berlangsung selama 3 hari, dari hari Senin hingga Rabu, setelah sebelumnya pada hari Sabtu tanggal 11 Juli dilaksanakan Pra MPLS dengan kegiatan pembuatan dan aktivasi akun Microsoft 365 untuk siswa baru SMPN10 Surabaya.

Pembukaan diawali dengan tayangan video dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya,  Drs. Supomo, MM. yang memberikan pesan pada anak-anak agar tetap semangat dalam belajar meski pada tahun ajaran baru ini pembelajaran tetap dilaksanakan secara daring.

Siswa baru kelas VII sedang menyaksikan Video Conference MPLS.

“Selamat khususnya kepada yang baru masuk jenjang SD, SMP, selamat kenal dengan teman baru, lingkungan baru. Saya yakin anak-anakku semuanaya pandai dan bisa segera menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru”, ucap Pak Supomo.

Acara dilanjutkan dengan sambutan ketua pelaksana MPLS, Agung Adriyanto, S.Pd yang juga selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas. Bapak Agung mengucapkan selamat datang kepada seluruh siswa yang telah diterima di SMP Negeri 10 Surabaya, semoga anak-anak merasa nyaman dan riang gembira dalam mengikuti kegiatan MPLS ini.

“Selamat kepada anak-anak hebat Surabaya yang melanjutkan jenjang di SMP Negeri 10 Surabaya. Semoga dengan bergabungnya kalian di SMP Negeri 10 bisa menambah wawasan, pengetahuan dan bisa menghasilkan hasil yang maksimal”, kata Pak Agung.

Baca juga:

“Sambut New Norma(l) Pendidikan, SMP Negeri 10 Surabaya Optimalkan Microsoft Teams Untuk Pembelajaran Jarak Jauh”

Kemudian dengan hangat dan berbahagia Bapak Kepala Sekolah, Drs. M. Masykur HS. M.Si, turut menyambut kedatangan siswa-siswi baru SMP Negeri 10 Surabaya, anak-anak super hebat yang siap menjadi bagian dari keluarga besar SMP Negeri 10 Surabaya. Beliau juga memperkenalkan bahwa SMPN 10 Surabaya adalah sekolahnya orang-orang hebat, orang yang faham teknologi dan memanfaatkannya sebagai sarana yang menunjang kehidupan.

“Di SMP Negeri 10 Surabaya anak-anak akan diajak belajar kedalam kelas-kelas virtual kemudian anak-anak akan diajak bagaimana berinteraksi secara virtual dari tempat masing-masing tanpa mengurangi makna dari pembelajaran itu sendiri sehingga nanti anak-anak akan mengenal betapa menyenangkannya bisa belajar darimanapun tapi dengan hasil yang optimal selayaknya datang ke sekolah”, ungkap Abah Masykur.

Bapak Kepala Sekolah berharap nantinya anak-anak selepas tiga tahun di SMP Negeri 10 Surabaya ketika keluar akan menjadi orang-orang hebat yang sangat familiar, yang sangat berdekatan dengan teknologi khususnya teknologi informasi yang akan menunjang kehidupan kita di era teknologi seperti sekarang.

Foto siswa baru MPLS 2020. (Foto: Instagram – @wajah_spenlusa)

Kegiatan MPLS yang berlangsung 3 hari ini mengenalkan siswa baru tentang sekolah, meliputi Visi Misi dan Program Sekolah, Tata Tertib, Pengenalan Sistem Pembelajaran dan Lingkungan Sekolah, Program Ektrakurikuler dan Pemahaman tentang Covid-19 beserta Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat.

Tidak hanya itu, MPLS Daring SMP Negeri 10 Surabaya ini juga diramaikan dengan foto-foto tema yang diunggah di media sosial Instagram. Hal ini diinisiasi oleh OSIS SMP Negeri 10 Surabaya. Nouval Achmad A, ketua OSIS, mengatakan bahwa foto-foto tema berbingkai yang diunggah di Instagram tersebut sebagai sarana untuk menambah kebanggan kepada sekolah, juga sebagai media untuk memperluas pergaulan sesama siswa SMP Negeri 10 Surabaya.

“Sekarang kan banyak sekolah yang juga melakukan itu (upload foto tema MPLS di instagram), nah kami juga tidak mau ketinggalan. Alhamdulillah para siswa baru cukup antusias mengedit foto dan mengupload di instagram masing-masing. Di masa pandemi ini, media sosial sekarang menjadi media yang efektif dalam memperluas pergaulan, ikatan dan kebersamaan khususnya sesama siswa SMPN 10”, ungkap Nouval.

Baca juga:

“Purna Siswa Virtual Kelas IX SMP Negeri 10 Surabaya 2019-2020: “Melangkah Pasti dan Berprestasi”

Berikut video MPLS Daring SMPN 10 Surabaya

Video daring MPLS 2020 hari pertama. (Video: Youtube – SMP NEGERI 10 SURABAYA)
Video daring MPLS 2020 hari kedua. (Video: Youtube – SMP NEGERI 10 SURABAYA)
Video daring MPLS 2020 hari ketiga. (Video: Youtube – SMP NEGERI 10 SURABAYA)

Jurnalis: Rahayu/ @rahayupinter
Editor: Nazilatul Maghfirah/ @zila_fira
Publisher : Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*