Tampil Di “Sinau Nang Omah” JTV, Cak Mantri Lakukan Demo Melukis Naturalis

Guru Seni Budaya SMP Negeri 10 Surabaya, Drs. Sumantri, menjadi narasumber dalam “Sinau Nang Omah”. Program acara terbaru dari JTV untuk memaksimalkan pembelajaran jarak jauh yang diisi Cak Mantri ini disiarkan secara live, Selasa (20/10/2020) pukul 10.30 WIB. Pada pecan sebelumnya, acara ini juga telah diisi oleh guru-guru SMPN 10 Surabaya yang lain, yaitu Yuniarto, S.Pd., May Yustina, S.Pd., dan Putri Hayuningtyas, M.Pd.

Baca juga:

“SMPN 10 Surabaya Rutin Menjadi Narasumber “Sinau Nang Omah” JTV”

Mengusung tema “Melukis Naturalis”, acara ini dipandu oleh Kak Rizqiani Putri, yang membuka acara dengan memantik minat lukis pemirsa, khususnya siswa SMP. Di awal sesi ini, Cak Mantri menerangkan bahwa menggambar bisa sebagai media refreshing untuk menghilangkan stress karena rutinitas. Kemudian dilanjutkan dengan dasar-dasar melukis.

Cak Mantri dalam program “Sinau Nang Omah” JTV. (Foto: JTV)

“Menggambar akan menghilangkan rasa sakit, stress, kecewa, tekanan kalau kita bekerja sehari-hari. Maka perlu kita menghibur diri dengan cara melukis. Dalam kehidupan ini seseorang pasti mengalami konflik. Untuk mengatasi hal itu perlu diselingi salah satunya dengan cara melukis supaya lebih fresh”, ungkapnya.

Cak Mantri sangat lengkap menjelaskan tentang teknik-teknik dasar melukis. Mulai dari jenis-jenis garis, gelap terang, tekstur, pewarnaan hingga kesatuan bentuk. Tidak hanya teori, Cak Mantri juga mempraktekkan langsung bagaimana cara melukis naturalis, yaitu mengambil tema pemandangan alam.

Baca juga:

“Pameran Virtual Seni Rupa Jawa Timur ”Guru Berkarya”, SMPN 10 Surabaya Kirimkan Dua Karya”

“Memang dalam belajar melukis ini perlu adanya demo, sebab kalau kita hanya ngomong tapi kita tidak mempraktekkan, bagaimana nanti cara-cara yang efektif untuk membuat suatu bentuk gambar itu bisa kita nikmati dan kita contoh?”, paparnya.

Antusiasme pemirsa setia Sinau Nang Omah kali ini terlihat cukup tinggi. Hal ini nampak pada pesan WhatsApp yang sudah masuk di tengah segmen ini. Diantaranya dari Nur Fadilla dari SMPN 10 Surabaya yang menanyakan perbedaan antara kesatuan dan keselarasan dalam menggambar. Juga tentang bagaimana cara mewarnai gambar supaya hasilnya bagus. Tidak hanya siswa SMP. Pertanyaan juga datang dari siswa Yudi Ardiansyah, siswa kelas VI SDN 4 Ngunggahan, Tulungagung, yang menanyakan macam-macam aliran lukisan.

Cak Mantri mendemonstrasikan langsung cara melukis. (Foto: Yuniarto).

Segmen yang ditunggu-tunggu tiba. Yakni, demonstrasi langsung cara melukis naturalis. Cak Mantri telah siap dengan kanvasnya, dan membuat sketsa awal dari pensil. Setelah sketsa telah selesai dibuat, Cak Mantri menyarankan agar memberikan warna ke objek yang paling jauh terlebih dahulu, yaitu langit.

Dan di akhir segmen, tidak terduga crew dari JTV meminta hasil karya lukisan pemandangan alam dari Cak Mantri untuk dipajang di studio Sinau Nang Omah. Dengan tegas, lugas dan nada bahagia, sang pelukis menjawab “Boleh!”.  Cak Mantri menutup dengan pesan-pesan kepada pemirsa supaya berhasil menghasilkan karya lukis yang istimewa.

“Kalian harus menentukan dulu bahan dan alat apa yang akan kalian pakai. Kemudian medianya cocok apa tidak dengan bahan itu. Kalau sudah punya konsep yang jelas, kita akan menyelesaikan dengan cepat, tidak bertele-tele”, tutupnya.

Berikut video selengkapnya:

Video lengkap Cak Mantri di Sinau Nang Omah. (Video: Youtube – JTV)

Baca juga:

“Program Sinau Nang Omah Bersama JTV, Yuniarto, S.Pd Paparkan Kelas Virtual Microsoft 365”

Jurnalis : Dian Eko Restino/ @dian_eko_restino
Editor : Nazilatul Maghfirah/ @zila_fira
Publisher : Wid Dwi Bowo/ @tvpendidikan_official

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*