Awrilutsania Hamidya Terpilih Menjadi Ketua OSIS SMPN 10 Surabaya 2021 Melalui Online Vote

Kamis dan Jum’at (26-27/8/2021), SMP Negeri 10 Surabaya mengadakan Pemungutan Suara Pemilihan Ketua OSIS Masa Bakti 2021-2022. Pemilihan Ketua OSIS ini sebagai salah satu sarana bagi siswa siswi untuk berlatih demokrasi dan mengaplikasikannya dalam pemilihan Ketua OSIS kali ini.

Karena situasi pandemi, pemilihan ketua OSIS ini juga menjadi ajang untuk memberikan kesempatan siswa  memanfaatkan IT dalam pelaksanaan kegiatan. Mulai dari kampanye yang dilaksanakan di media sosial, pengenalan visi misi dari masing-masing calon dan saat voting. Pemilihan ini dilakukan secara daring melalui Google Form sekolah yang juga biasa digunakan dalam pembelajaran sehari-hari. Akun selain Google Suite for Education dengan domain sekolah tidak bisa ikut memilih. Hal ini mencegah pemilih ganda dan pemilih diluar siswa SMPN 10 Surabaya.

Baca juga:

“Live Talkshow “SPENLUSA Inspiration” Seri 2, Bahas Pentingnya Organisasi

Ada 5 calon ketua OSIS yang maju dalam ‘pemiliu’ ini. Mereka adalah kader-kader terbaik yang akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan OSIS selama setahun ke depan. Kelima calon tersebut adalah:
1. AURORA BALQIS DESISANI LADYSIA (8-I)
2. AWRILUTSANIA HAMIDYA (8-I)
3. GHANES ANANTA SABILILLAH (8-D)
4. SHAFIRA ARIMBI DWI ARIFIANTI (8-I)
5. TALITHA CHAIRUL PUTRI (8-A)

Melalui pemilihan yang demokratis, akhirnya Awrilutsania Hamidya terpilih menjadi Ketua OSIS dengan raihan 154 suara atau sekitar 32%. Disusul Shafira Arimbi Dwi Arifianti dengan 30% atau 147 suara. Aurora Balqis Desisani Ladysia berada di posisi ketiga dengan 82 suara (16%). Peringkat 4 diduduki Thalita Chairul Putri dengan 14% (73 suara), dan Ghanes Ananta Sabilillah mendapatkan 31 suara (6%).

Kandidat ketua OSIS SPENLUSA 2021 (Foto: OSIS SPENLUSA)

Tim redaksi langsung menghubungi Awrilutsania melalui sambungan telfon. Tampak suara bahagia dan semangat dari ketua terpilih. Tsani, panggilan akrabnya, mengungkapkan motivasinya untuk membangun OSIS SMPN 10 Surabaya sebagai sarana menyalurkan kreatifitas, inspirasi dan aspirasi siswa, seperti visi-misinya.

“Alhamdulillah, saya senang dan bangga mendapat kepercayaan terpilih menjadi ketua OSIS. Meskipun juga terlintas kekhawatiran dengan masih berjalannya pandemi ini. Namin saya akan berusaha keras untuk memikirkan solusi terbaik. Saya ingin OSIS menjadi jembatan dari kreatifitas siswa dan ekstrakurikuler mataupun organisasi lain”, ungkap siswa yang juga gemar menulis cerpen ini.

Baca juga:

“Oh My Brush Pen”

“Record of My Youth (Twenty-Twenty)”

Sementara itu, pembina OSIS SMPN 10 Surabaya, Niken Gratiana, S.Pd. mengungkapkan pemilihan ketua OSIS ini sedikit dipercepat dibanding tahun lalu karena persiapan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) tingkat kota. Beliau juga mengucapkan selamat kepada ketua OSIS yang telah terpilih.

“Karena pada bulan November biasanya ada LDKS kota, oleh karena itu SMPN 10 Surabaya segera melakukan pemilihan OSIS yang, kesannya mendadak, tapi sebenarnya tidak. Semoga ketua OSIS bisa menginspirasi anak-anak SMPN 10 Surabaya untuk semakin kreatif, berfikir luas kemudian bisa menciptakan ide untuk kemajuan SMPN 10 Surabaya. Selamat untuk ketua dan wakil ketua OSIS yang baru. Selamat memimpin dan tetap semangat. Semoga OSIS dan sekolah kita semakin maju dan jaya. Bangga di SPENLUSA Jaya!”, ungkapnya.

Niken Gratiana, S.Pd., pembina OSIS SPENLUSA

Ketua OSIS SMPN 10 Surabaya demisioner, Hessel Dwi Arta Anugrah mengatakan, pemilihan ketua OSIS ini harus tetap berlangsung karena masa kerja OSIS tahun 2020-2021 sebentar lagi berakhir. Dan kegiatan siswa di sekolah harus tetap berlangsung dengan regenerasi pengurus. Hessel juga menyampaikan harapannya untuk ketua OSIS yang baru.

“Selamat untuk Awrilutsania yang terpilih sebagai ketua OSIS 2021/2022. Semoga bisa menjalankan semua tugasnya dengan baik, dan menjadikan OSIS lebih baik ke depannya. Bisa membanggakan almamater tercinta, walaupun dimasa pandemi. Selamat juga untuk Shafira, Aurora, Ghanes, dan Talitha semoga bisa menjalin kerjasama demi kepentingan semua. Saya yakin Pandemi bukanlah penghalang untuk OSIS dalam menjalankan tugas tugasnya dan berkarya meskipun ada sedikit kendala dalam masa serba online ini. Sekali lagi selamat untuk Awrilutsani terpilih sebagai Ketua OSIS 2021/2022 dan juga untuk Shafira, Aurora, Ghanes, dan Talitha”, ucapnya.

Baca juga:

SMPN 10 Surabaya Serahkan Hasil Sumbangan Gotong Royong “Sekolah Peduli Suroboyo” ke Panitia

(HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*