Live Talkshow “SPENLUSA Inspiration” Seri 2, Bahas Pentingnya Organisasi

Jum’at (30/7/2021), program “SPENLUSA Inspiration” kembali hadir dengan mengemas Live Talkshow bertajuk “Organisasi, Penting Gak Sih?”. Acara ini berlangsung dengan santai dan sukses. Dian Eko Restino, S.Pd., Gr. memandau acara dengan mendatangkan bintang tamu Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMPN 10 Surabaya, Hessel Dwi Arta Anugrah dan Ezra Mario Maskikit.

Ada beberapa elemen yang di bahas dalam talkshow ini, mulai dari membahas serba-serbi organisasi, kendala OSIS di masa pandemi ini, hingga motivasi ikut organisasi ini dan lain-lain. Pak Dian mengibaratkan Hessel dan Ezra sebagai Presiden dan Wakil Presiden di SMP Negeri 10 Surabaya, sedangkan siswa lainnya adalah rakyatnya. Namun Pak Dian menggaris bawahi rakyat bukan berarti bawahan tapi siswa yang perlu ditampung atau diwadahi untuk berorganisasi.

Potret acara talkshow Spenlusa Inspiration. (Foto: Alfian)

“Jawaban dari Hessel dan Ezra ini merupakan bentuk dari semangat pemuda. Pemuda adalah generasi harapan bangsa ke depan. Kalau bisa jangan hanya jadi penerus, kita sebagai generasi muda saya harap bisa jadi pembaharu bangsa. Keadaan negara yang seperti ini walaupun mungkin sudah bagus jangan diteruskan, tapi diperbarui lagi. Dibuat lebih bagus lagi”, ujar Pak Dian.

Obrolan santai namun bernas ini berlanjut dengan pertanyaan yang datang dari Ezra. Yakni lebih penting mana organisasi atau nilai pelajaran. Pak Dian menjawab dengan analogi cerdas dan mengemukakan bahwa kedua hal tersebut bukan untuk dipertentangkan, tetapi saling melengkapi.

Baca juga:

“Launching “SPENLUSA Inspiration”, Kepala SMPN 10 Surabaya Berikan Inspirasi Arek-Arek Masa Kini

“Menurut penelitian Professor Thomas J. Stanley, kecerdasan akademis bukan menjadi penentu utama kesuksesan seseorang. Bukan berarti (akademis) tidak penting. Tetap penting tetapi bukan yang terpenting. Justru soft skill menjadi hal yang paling penting di masa depan. Dan hal itu (soft skill) akan banyak kalian dapatkan di organisasi”, tutur Pak Dian.

Manajemen konflik juga menjadi hal yang pokok dalam organisasi. Konflik berupa kesalahpahaman, perbedaan pendapat, serta dinamika lainnya pasti terjadi. Dan mungkin justru menjadi keniscayaan. Hal itulah yang juga diungkap Hessel dan Ezra sebagai pimpinan OSIS. Namun hal itu menjadi pelajaran tersendiri buat mereka, terutama belajar memecahkan masalah, berfikir kritis dan dewasa.

Baca juga:

“Inessa Amelia Nova, S.Pd. dan Pilihan Menjadi Guru Full Time Keluarga

“Pelajaran hidup yang tidak kita dapatkan di kelas, bisa kita latih dan kita dapatkan di organisasi. Bisa berguna ketika kita sudah dewasa nanti. Networking kita, terus skill berkomunikasi kita jadi lebih banyak dan bisa kita pakai di masa depan, kuliah dan tempat kerja”, ungkap Ezra melengkapi.

Acara berakhir pukul 14.30 WIB dengan ajakan dari Hessel untuk bergabung menjadi pengurus OSIS kelak. Sedangkan Ezra memotivasi kepada para adik kelas untuk tidak takut dan malu untuk bergabung di organisasi, baik OSIS atau organisasi lainnya. Baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Tonton talkshow selengkapnya:

Jurnalis : Nazilatul Maghfirah/ @zila_fira
Editor dan Publisher: Humas SPENLUSA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*