Puskesmas Dr. Soetomo Sosialisasikan Pencegahan Hepatitis di SPENLUSA

Senin (30/5/2022), Puskesmas Dr.Soetomo mengadakan acara sosialisasi pencegahan Penyakit Hepatitis di SMP Negri 10 Surabaya (SPENLUSA). Acara ini dihadiri oleh Kepala Puskesmas Dr.Soetomo dr. Murtiningrum, dengan kedua asistennya yaitu Fufa (bidan pkl), dan Roseda (perawat). Sosialisasi ini didampingi oleh Bu Ni’am Ashriyatin, S.Pd, selaku guru pendamping UKS.

Siswa siswi perwakilan dari setiap kelas dikumpulkan di ruangan kelas yang sudah disiapkan. Sosialisasi dimulai saat jam menujukkan pukul 09.00 WIB. Sosialisasi dibuka dengan sambutan dari Dr. Murti. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan penyebab dan gejala-gejala awal dari penyakit hepatitis.

“Penyakit Hepatitis adalah penyakit yang diakibatkan oleh virus yang menyebabkan peradangan atau pembengkakan pada hati/liver. Gejala awal penyakit Hepatitis adalah mual, muntah, diare berat, dan demam ringan. Sedangkan gejala lanjutannya adalah air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna putih pucat, warna mata dan kulit menguning, gangguan pembekuan darah, kejang, kehilangan kesadaran. Penyebab Hepatitis dibagi menjadi 5 yaitu Hepatitis A, B, C, D, dan E”, jelas Dr. Murti.

Lebih lanjut, Dr. Murtiningrum juga menerangkan secara detail bagaimana penyakit Hepatitis ini bisa menyerang tubuh manusia. Beliau merinci dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga peserta sosialisasi mendapatkan pengetahuan yang baik mengenai penyakit Hepatitis ini.

“Penyebab Hepatitis A adalah karena faktor makanan yang dikonsumsi itu kurang sehat, kotor dan banyak mengandung pengawet. Penyebab Hepatitis B adalah karena faktor darah yang ditularkan melalui jarum suntik yang tidak pernah diganti, pemakaian jarum tatto yang tidak pernah diganti dan penularannya juga bisa dari ibu ke anak (jika ada seorang ibu yang terkena penyakit Hepatitis lalu melahirkan maka anak yang dilahirkan juga ikut tertular terkena penyakit Hepatitis tersebut). Penyebab Hepatitis C juga dari faktor makanan yang mengandung Sel Monera dan E. Coli. Penyebab Hepatitis D adalah Hepatitis B yang tidak diobati dengan baik yang akhirnya menjadi Hepatitis D dan mengarah ke kanker liver. Dan penyebab Hepatitis E adalah karena faktor minuman yang mengandung E. Coli”, lanjut Dr. Murti.

Baca juga:

Kolintang, Ekstrakurikuler Baru Yang Akan Menjadi Unggulan

Terakhir, beliau berpesan untuk siswa-siswi SPENLUSA untuk menjaga kebersihan. Karena menurut beliau, bagaimanapun juga mencegah suatu penyakit lebih baik daripada mengobatinya.

“Kita itu harus menjaga kebersihan dengan tidak membeli makanan diluar dan mengutamakan membawa makanan dari rumah, lalu kita harus rajin membersihkan tempat-tempat yang biasanya ditempati oleh jentik-jentik supaya air yang kita tetap bersih dan kita tidak terkena penyakit”, pungkasnya.

Jurnalis : Bella Oktavia Putri Chahyono (7-D) / @moon_belloow
Editor dan Publisher: Humas SPENLUSA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*