SMPN 10 Surabaya Lepas 457 Siswa Pada Purnasiswa 2022

Setelah 2 tahun terhenti, SMP Negeri 10 Surabaya kembali mengadakan purnawiyata siswa secara offline, pada Kamis (16/6/2022). Mengambil tajuk “Teruslah Balajar dan Berkarya Untuk Agama, Bangsa, dan Negara”, acara ini diikuti oleh sekitar 438 siswa reguler, 19 siswa terbuka, perwakilan orangtua / wali murid siswa kelas IX dan segenap guru serta karyawan SMP Negeri 10 Surabaya.

Acara berlangsung mulai pukul 07.30 WIB, diawali dengan pra acara, yaitu penampilan Hadrah Miftahul Jannah, dilanjukan dengan suguhan Tari Remo yang memukau persembahan dari Pramita Kustyani Febrianti (9F).

Baca juga:

SMPN 10 Surabaya Menuju Sekolah Adiwiyata Provinsi

Memasuki acara inti, para hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Nazilatul Maghfirah, S.Pd., Gr. lalu berlanjut ke sambutan-sambutan. Agung Adriyanto, S.Pd. mengawali memberikan sambutannya selaku ketua panitia Purna Siswa Kelas IX SMP Negeri 10 Surabaya. Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini sifatnya sangat sederhana dan semuanya serba terbatas. Namun dari segala keterbatasan itu bukan berarti kita tidak bisa berbuat apa-apa.

“Selamat kepada anak-anakku sekalian, ini mungkin hal sederhana tapi nanti akan menjadi momen yang sangat diingat-ingat karena memang ini dilaksanakan hanya pada saat kamu lulus kelas IX”, ungkap Pak Agung.

Sambutan yang terakhir yaitu dari Kepala SMP Negeri 10 Surabaya, Drs. M. Masykur HS, M.Si. Beliau menuturkan kepada para generasi muda alumni SPENLUSA harus bisa menyesuaikan hidup dengan perkembangan zaman dan teknologi.

“Ketika nanti satu siswa atau sepasang siswa yang mewakili melepaskan atribut sekolah maka itu secara simbolis menandai bahwa kalian sudah dinyatakan lulus dari SMP Negeri 10 Surabaya dengan predikat yang sudah kalian miliki. Saya doakan semoga kalian bisa mendapatkan kelanjutan pendidikan atau lanjutan kegiatan sesuai apa yang kalian lakukan. Semoga seluruh siswa SMP Negeri 10 Surabaya menjadi anak-anak yang hebat, anak-anak yang memberi manfaat untuk orang lain.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan SK kelulusan oleh Sri Wahyuni, S.Pd., yang menyatakan bahwa siswa SMP Negeri 10 Surabaya lulus 100% dengan jumlah 438 siswa reguler dan 19 siswa SMP Negeri Terbuka 10 Surabaya. Lalu pembacaan doa oleh Alfian Yanis C.K, S.Pd yang berlangsung dengan khusyu’. Dan dilanjutkan dengan pelepasan atribut secara simbolis yang diwaklili oleh 2 siswa dari kelas IX.

Baca juga:

Puskesmas Dr. Soetomo Sosialisasikan Pencegahan Hepatitis di SPENLUSA

Seremonial pengembalian siswa ke orangtua menjadi rangkaian acara selanjutnya. Diawali dari sambutan singkat dari para wali kelas IX, pembacaan siswa kelas IX yang lulus dan pengalungan gordon oleh kepala sekolaha. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan pesan kesan dari perwakilan siswa kelas IX yaitu Hessel Dwi Arta Anugrah 9F.

“Pesan saya kita harus bangga, menjaga dan mengharumkan nama almamater kita tercinta ini, walau nanti kita sudah melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Doaku untuk teman-teman semua Semoga teman-teman semua bisa masuk ke SMA SMK yang teman-teman inginkan, dan selalu mendapatkan kesuksesan nantinya. Aamiin”, pesannya.

Acara berikutnya yaitu pembacaan puisi yang dibacakan oleh Rasya Mikail Khadafi 8A dan Melodi Lintang Naura 8H. Setelah itu tibalah sesi hiburan, semua siswa kelas IX bersorak gembira. Sesi hiburan pertama yaitu penampilan Kolintang yang menampilkan lagu “Ayam Den Lapeh, Inggit-inggit Semut, dan Surabaya. Dilanjutkan dengan Tari Sparkling dan Band d’Signal. Perwakilan wali murid yang hadir pun memberikan apresiasinya.

“Perasaan saya sangat senang saat melihat anak-anak tampil menunjukkan kreativitasnya, karena selama 2 tahun ini mereka tidak ada kegiatan sama sekali. Menurut saya pembelajaran yang diberikan oleh SMP Negeri 10 ini sudah cukup baik, dan memuaskan, meskipun selama 2 tahun anak-anak melakukan pembelajaran secara daring mereka tetap bisa mendapatkan pengajaran yang baik”, ucap salah satu wali murid.

Acara ditutup oleh MC, Awrilutsania Hamidya dan Yovie Kilat Anggada, dengan persembahan penampilan lagu dari Bapak Ibu Guru SMP Negeri 10 Surabaya yaitu Decima band dengan membawakan lagu Pupus dan Seumur Hidupku.

Jurnalis : Bella Oktavia Putri Chahyono (7-D) / @moon_belloow
: Nikita Rossie Kirana (8-A) / @nikita.rossie
Editor dan Publisher: Humas SPENLUSA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*